7 Sekolah Ikatan Dinas Langsung PNS, Jadwal Pendaftaran 1 Juni 2020


Kampoes.com,- Pemerintah kembali membuka pendaftaran sekolah ikatan dinas untuk tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan pengumuman dari Sekretariat Kabinet RI, jadwal pendaftaran siswa baru  dimulai pada 1 Juni.

Sekolah ikatan dinas merupakan program pemerintah yang memberikan beasiswa gratis bagi lulusan SMA/SMK sederajat untuk melanjutkan pendidikan Sarjana (S1) atau Diploma (D3). Selama mengikuti pendidikan siswa akan mendapat berbagai fasilitas seperti asrama, uang makan dan seragam.

Berdasarkan keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) melalui surat nomor B/435/M.SM.01.00/2020 tanggal 6 Mei 2020 tentang rencana pembukaan dan pendaftaran seleksi sekolah kedinasan Tahun 2020 pendaftaran dimulai Juni 2020.

Terdapat tujuh sekolah dinas yang akan menerima mahasiswa baru pada tahun ini. Sekolah ikatan dinas tersebut yaitu  

  • -       Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) di bawah Kementerian Dalam Negeri
  • -       Kementerian Perhubungan
  • Beberapa sekolah tinggi di bawah Kemenhub antara lain Sekolah tinggi transportasi darat (STTD), Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ), Akademi Perkeretaapian Indonesia (Madiun), Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Politeknik Ilmu Pelayaran (Makassar), Politeknik Ilmu Pelayaran (Surabaya), Politeknik Ilmu Pelayaran (Semarang), Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Politeknik Penerbangan Surabaya, Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan, serta Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Makassar.
  • -       Kementerian Hukum dan HAM
  • Terdiri dari Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim)
  • -       Badan Pusat Statistik melalui Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)
  • -       Badan Intelijen Negara melalui Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)
  • -       Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika melalui Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
  • -       Badan Siber dan Sandi Negara melalui  Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

 

 

Rangkaian pendaftaran untuk setiap sekolah kedinasan terdiri dari

  1. Pengumuman pendaftaran 1 Juni 2020;
  2. Pendaftaran di SSCASN BKN 8-23 Juni 2020
  3.  Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Juli 2020
  4.  Pelaksanaan Seleksi Lanjutan diatur oleh masing-masing Kementerian/Lembaga.

 

Empat rangkaian kegiatan tersebut, berdasarkan surat, diselenggarakan dengan memperhatikan Pedoman dan/atau Protokol Pencegahan Penyebaran Covid-19 yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Dengan begitu segala proses pendaftaran dan jadwal kegiatan akan diatur dengan lebih spesifik oleh masing-masing lembaga.

Untuk semua calon siswa yang akan melakukan pendaftaran bisa melihat informasi lengkap melalui situs resmi pendaftaran sebagai berikut:

 

Menurut surat tersebut, rencana Kegiatan Perkuliahan diatur oleh masing-masing Kementerian/Lembaga dengan memperhatikan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit akibat Covid-19 di Indonesia. Dengan begitu bagi para calon siswa sudah bisa mulai menyiapkan berkas pendaftaran mulai dari sekarang supaya tidak terjadi hambatan saat pendaftaran nanti sudah benar-benar dibuka.

 


Posting Komentar

0 Komentar