Tantangan Calon Mahasiswa Keperawatan dan Kedokteran di Masa Depan




Kehadiran internet berkecepatan tinggi membuat banyak bidang dalam kehidupan berubah. Lihat saja, cara masyarakat menkonsumsi berita dan informasi, mendapatkan makanan, cara pembayaran termasuk bidang medis.Pola ini membuat bisnis yang ada di dalamnya juga berubah total. Termasuk lompatan tantangan yang muncul beberapa tahun dari sekarang.

Diperkirakan dengan hadirnya teknologi 5G atau internet berkecepatan tinggi, teknologi printer 3 dimensi, serta kecerdasan buatan (AI) maka dunia kesehatan juga akan berubah total. Calon mahasiswa yang mengambil pendidikan bidang ini juga harus menyiapkan dirinya untuk bersaing secara global.

Internet berkecepatan tinggi dan kecerdasan buatan membuat para dokter dari manca negara hadir di ruang operasi secara realtime meski berbentuk virtual. Mereka akan membantu tenaga medis lokal misalnya di ruang operasi. Saat yang sama konsultasi dengan tenaga kesehatan dapat dilakukan dari rumah oleh pasien dengan tenaga kesehatan manapun dari seluruh dunia.

Teknologi berkecepatan tinggi ini sudah sangat dekat. Indonesia baru saja meresmikan Palapa Ring jalur timur. Dengan dukungan teknologi ini para tenaga medis di Jakarta akan bisa memberi pelayanan kesehatan bagi masyarakat Papua tanpa harus terbang lintas wilayah.

Saat ini upaya menuju era ini sudah semakin dekat. Sejumlah perusahaan rintisan dalam bidang kesehatan telah memulai membangun forum-forum online. Forum kesehatan ini diampu oleh para dokter yang berjaga selama 24 jam. Layanan ini saat ini diberikan dengan cuma-cuma.  Salah satu forum kesehatan ini bisa dilihat di situs sehatq.com

Meski saat ini masih membangun pondasi, layanan ini diperkirakan akan membesar dan terus membesar. Maka untuk itu para tenaga kesehatan harus mempersiapkan diri. Tidak lagi bersaing dengan tenaga kesehatan dari kampus-kampus yang ada di kota yang sama namun harus meyakinkan diri untuk bisa bertransformasi dan bergabung ke dalam jaringan kesehatan global. Artinya selain kemampuan bidang kesehatan ditingkatkan, juga dibutuhkan keterampilan bahasa.

 Selain itu seperti yang dituliskan dalam laporan World Economic Forum 2016 tentang "The Future Jobs" maka para selain harus mahir dalam bidang yang ditekuni juga harus melengkapi diri dengan 10 keterampilan utama yakni kemampuan pemecahan masalah kompleks, berpikir kritis, kreativitas, mampu mengelola sumber daya manusia, koordinasi, kecerdasan emosional, penilaian dan pengambilan keputusan, orientasi melayani, negosiasi, dan fleksibilitas kognitif.

Posting Komentar

0 Komentar