Prospek Kerja Lulusan ATIM Makassar : Petrokimia Gresik Terima 99 Lulusan

Wisuda Mahasiswa ATIM Makassar oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar. Foto : Kemenperin

Kampoes.com -- PT Petrokimia Gresik menerima 99 lulusan Diploma 1 (D1) Program Studi Teknik Kimia Politeknik Akademi Teknologi Industri Makassar (ATIM).

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar di Gresik, Sabtu (1/12), menuturkan penyaluran lulusan ATIM ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Perindustrian agar sumber daya manusia nasional dapat mendorong produktivitas dan daya saing industri petrokimia.

"Kami berharap program semacam ini bisa menjadi contoh untuk sektor lain dalam upaya memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang terampil,” ujarnya.

Haris menyebutkan untuk 2019 pihaknya akan memulai pembangunan Politeknik Industri Petrokimia di Banten. Persiapan ini sebagai upaya memenuhi permintaan tenaga kerja di sektor industri petrokimia, yang setiap tahunnya dibutuhkan 500 orang tenaga kerja baru pada jenjang Diploma 3 (DIII).

Seperti diketahui, untuk wilayah Cilegon terdapat sejumlah pabrik petrokimia milik Candra Asri dan Indo Rama. Candra Asri sendiri tengah ekspansi besar-besaran dengan meningkatkan kapasitas pabrik hingga 2028.

Kemenperin mencatat, industri petrokimia sebagai bagian dari industri kimia memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian nasional, antara lain tercermin sebagai penghasil devisa negara melalui nilai ekspor sebesar 1,12 miliar dollar AS sampai dengan triwulan III tahun 2018 atau naik 4,46 persen dibanding capaian tahun 2017. Sektor ini telah menyerap tenaga kerja sebanyak 554,5 ribu orang.

Penerimaan Mahasiswa Batu Politeknik Akademi Teknologi Industri Makassar (ATIM)

Sekolah tinggi di Indonesia bagian timur ini memiliki 4 jurusan yakni
1. Teknik Industri Agro
2. Teknik Manufaktur Industri Agro
3. Teknik Kimia Mineral
4. Otomasi Sistem Permesinan.

Sekolah tinggi di bawah Kementerian Perindustrian pada jalur reguler menawarkan program DIII. Sistem pembelajarannya mengadopsi kurikulum berbasis konpetensi dimana 60% pelajaran berupa praktek dan 40% merupakan teori.



Posting Komentar

0 Komentar