Atur Strategimu, Panitia SBMPTN Tak Lagi Pakai Nilai Minus Tentukan Nilai Kelulusan

Begini Alur Pendaftaran SBMPTN 2018



Kampoes.com, Cara penilaian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 resmi diubah. Panitia SBMPTN menyatakan aturan skor 4 untuk setiap jawaban benar dan skor -1 untuk jawaban yang salah tidak lagi digunakan.

Panitia seleksi 2018 menetapkan setiap jawaban benar akan memperoleh nilai 1.  Sedangkan jawaban yang salah diberi nilai 0.

Dengan aturan ini, Sosobs Kampoes yang hendak ujian harus mengubah strategi agar bisa lulus di perguruan tinggi negeri yang diincar. Jika kakak tingkat pada ujian 2017 hanya akan mengisi jawaban yang diyakini benar, strategi itu tidak efektif mulai tahun ini.

Sosobs harus mengisi seluruh lembar jawaban ya. Tidak harus yakin benar. Kalaupun tebakannya salah, tidak akan merugikan. Toh tidak ada nilai minus.

Untuk strategi kedua, untuk soal yang dirasa rumit pipih jawaban yang paling mendekati keyakinan jika ragu. Sekretaris Panitia Pusat SBMPTN Joni Hermana dalam keterangan resminya menyampaikan panitia akan menerapkan sistem bobot untuk setiap soal.

Artinya, setelah dapat poin 1, panitia akan menambahkan poin berikutnya yang berbeda-beda pada masing-masing soal. Jika teman sama-sama menjawab betul sebanyak 10 soal, dengan cara ini nilai akhirnya akan berbeda. 


Ada bobot khusus yang diberikan pada setiap soal SBMPTN tersebut. Perubahan ini dinilai lebih fair dan sudah dilakukan di negara seperti Amerika Serikat dan di Eropa.


"Dengan menyertakan karakteristik setiap soal dalam penilaian, skor yang diperoleh akan lebih 'fair' dan dapat membedakan kemampuan peserta lebih baik. Petunjuk pengerjaan soal yang sesuai dengan sistem penilaian di atas, sudah disertakan pada setiap set soal yang diujikan," kata Joni pada 9 April 2018 lalu.


Posting Komentar

0 Komentar